Beranda Tak Berkategori Ternyata, Orang Indonesia Lebih Pilih Belanja di TikTok Shop Ketimbang di Shopee

Ternyata, Orang Indonesia Lebih Pilih Belanja di TikTok Shop Ketimbang di Shopee

2
0

Tiktok, media sosial hiburan dan belanja. OLENAS.ID – Tren menarik dari konsumen Indonesia yang belanja di marketplace. Mereka ternyata lebih suka atau memilih belanja di TikTok Shop ketimbang di Shopee.

TikTok sesungguhnya bukan marketplace karena merupakan platform media sosial yang mayoritas menyuguhkan konten hiburan. Mereka yang upload video pun sekadar hiburan saja.

Berbeda dengan Shopee yang memang hadir untuk menjadi sebuah e-commerce. Shopee merupakan sebuah online shop atau marketplace untuk jual beli barang yang dibutuhkan pengguna.

Baca Juga: Jane Birkin, Ikon Fashion dan Aktris Legendaris Meninggal Dunia

Ketika pengguna masuk ke platform tersebut, mereka memang membeli barang yang dibutuhkan.

TikTok sendiri sebagai aplikasi media sosial, tentu pengguna secara impulsif membeli barang-barang murah.

Keunikan itu terletak pada platform media sosial TikTok. Pasalnya pengguna membuka TikTok untuk menikmati konten yang lebih banyak hiburan di dalamnya.

Jadi, kemungkinan belanja impulsif di Shopee akan lebih jarang ditemui ketimbang di media sosial TikTok. Apalagi TikTok kemudian menyediakan fitur live streaming TikTok shop.

Baca Juga: Sigra Jadi Mobil Daihatsu Terlaris di Semester Pertama 2023

Menariknya, TikTok Shop memiliki ciri khas atau keunikan dalam menawarkan produk dibanding Shopee. Meski sama-sama menyediakan live streaming, TikTok Shop mampu mengajak penonton seperti belanja langsung di pasar.

Bukan hanya pembeli, bagi penjual di TikTok Shop juga lebih menguntungkan dibanding melalui Shopee atau marketplace lainnya.

Jadi, kalau Anda ingin punya pengalaman belanja yang berbeda, bisa melirik live streaming di TikTok Shop. Pasalnya meski Shopee juga menyediakan live streaming untuk penjual, namun tetap saja kalah dengan TikTok Shop.

TikTok Shop, belanja mudah dan murah di media sosial TikTok.

Mengapa? TikTok memang punya keunggulan tersendiri. Sejak awal platform TikTok diciptakan sebagai media sosial untuk hiburan sekaligus belanja. Konten hiburan memang lebih kuat di TikTok.

Hanya saja, pengguna TikTok pun akhirnya mengetahui bila mereka bisa belanja secara online di TikTok.

Ini menjadikan mereka tak perlu menggeser ponsel smart-nya untuk masuk ke e-commerce seperti Shopee karena sudah bisa searching produk di TikTok. Lebih dari itu, belanja dari menonton konten hiburan di TikTok lebih mempunyai daya tarik tersendiri dibanding Shopee.

Belanja Murah di TikTok Shop

Belanja di marketplace tak ubahnya belanja di toko atau pasar offline. Konsumen tetap akan mencari barang dengan harga bersaing. 

Hanya mereka cukup membuka beberapa marketplace saat membandingkan harga.

Seorang remaja dari generasi milenal yang berusia 23, Ivena, mengaku sering belanja online di sejumlah marketplace. Namun dirinya langsung berpindah ke TikTok Shop setelah mendapati produk dengan harga lebih murah dibandingkan marketplace lain.

Seperti remaja perempuan lain, dirinya kerap membuka TikTok dan kemudian berlanjut ke TikTok Shop. “Harga tak jauh beda dengan lain. Ya, 11 12 dengan marketplace lain. Begitu Tiktok Shop menyediakan fasilitas seperti gratis ongkos kirim, misalnya, harga produk pasti jauh lebih murah. Jadinya cepat checkout,” kata Ivena.

Dia membandingkan saat hendak membeli sebuah majalah edisi koleksi terbatas. Di Shopee rata-rata dijual Rp70 ribu-Rp75 ribu. Begitu buka di TikTok Shop, ternyata harganya hanya Rp40 ribu.

“Dengan ongkos kirim, jatuhnya masih lebih murah di TikTok Shop. Jadinya, saya langsung checkout beli majalah,” ucap dia.

Hal sama dirasakan Rina Hadi yang mengaku aktif belanja di TikTok Shop dan Shopee. Namun dia lebih banyak memilih melalui TikTok Shop.

Alasannya, belanja di TikTok Shop lebih cepat ketimbang di Shopee dan mudah menemukan barang yang dibutuhkan.

“Harga produk yang ditawarkan melalui live streaming TikTok juga lebih murah dan bagus-bagus sesuai pilihannya,” katanya.

Sedangkan saat belanja di Shopee, ia sering mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan kualitas sesungguhnya. Seperti Ivena, dia juga mengakui bila TikTok Shop sering menawarkan gratis ongkos kirim.

“Hampir setiap live streaming TikTok Shop juga sering menawarkan sistem COD dan gratis ongkos kirim,” ujar Rina Hadi.

Apalagi, sejak Oktober 2022, Shopee menerapkan kebijakan biaya layanan setiap transaksi Rp1.000. Jadi, wajar saja bila masyarakat Indonesia lebih memilih belanja di TikTok Shop ketimbang di Shopee.***