OLENAS.ID – Daop 6 Yogyakarta mencatat selama periode angkutan kereta api (KA) libur Idul Adha sejak Senin, 26 Juni hingga puncaknya pada Minggu, 2 Juli 2023. Tercatat tidak kurang 302.664 pelanggan datang dan pergi di/dari stasiun-stasiun Daop 6.
“Jika dirinci total keberangkatan dari semua stasiun Daop 6 sebanyak 148.779 pelanggan. Sedangkan total kedatangan pelanggan di semua stasiun Daop 6 sebanyak 153.885 pelanggan,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo dalam rilisnya.
“Jadi jika ditotal, Daop 6 telah melayani sebanyak 302.664 pelanggan di seluruh stasiun,” ujarnya.
Hari Minggu kemarin menjadi puncak keberangkatan maupun kedatangan pelanggan. Pasalnya ada pengguna kereta yang mudik, tetapi ada pula mereka yang kembali ke ibukota.
Ada 25.040 pelanggan berangkat dari semua stasiun Daop 6 dan sebanyak 25.192 pelanggan datang/tiba di semua stasiun Daop 6.
Volume keberangkatan dan kedatangan penumpang secara mayoritas terjadi di 4 stasiun yakni Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solobalapan, dan Klaten.
Stasiun Yogyakarta menjadi tersibuk dengan melayani total 138.013 pelanggan baik datang maupun pergi. Ada pun rinciannya sebagai berikut:
Secara umum angkutan KA penumpang selama libur Idul Adha ini berlangsung lancar meskipun sempat ada hambatan akibat dampak dari gempa yang mengguncang wilayah DI Yogyakarta.
Daop 6 Yogyakarta pun kena dampak. Daop 6 dengan cepat mengantisipasi hal tersebut sehingga tidak terlalu menggangu perjalanan KA.
Barang Tertinggal
Satu hal yang masih menjadi perhatian yaitu jumlah barang tertinggal yang masih terbilang cukup banyak yaitu 18 barang dengan taksiran nominal sekitar Rp41,850 juta selama periode 26 Juni-2 Juli 2023.
Ada pun barang-barang tersebut di antaranya ponsek, laptop, koper, tas, charger laptop, power bank, hingga emas. Daop 6 berharap pada momen berikutnya para pelanggan dapat lebih berhati-hati.
Franoto mengatakan, Daop 6 Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah menggunakan kereta api selama periode angkutan KA libur Idul Adha.
“Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan pelanggan. Semoga KAI khususnya Daop 6 Yogyakarta dapat terus melayani lebih baik,” kata Franoto menegaskan.***










